Langkah ptama utuh
paham anak= tau kpribadiane=bdsrkn psikolog skulah tabi tadi
Koleris=cemburuan terutama ma adik,suka tantangan,ga suka dsuruh,buru2
Sanguin=cemasan,manja,ga suka dikomplain,suka pujian,zuka kasih sayang
Melankolis=teliti,peka,perasa,suka klo bicara diperhatiin matanya, ga suka klo omongane dipotong
plegmatis=santai,cuek tp diem2 merhatiin,krg bs sosialisasi,suka apresiasi,ga suka diabaikan
Koleris=cemburuan terutama ma adik,suka tantangan,ga suka dsuruh,buru2
Sanguin=cemasan,manja,ga suka dikomplain,suka pujian,zuka kasih sayang
Melankolis=teliti,peka,perasa,suka klo bicara diperhatiin matanya, ga suka klo omongane dipotong
plegmatis=santai,cuek tp diem2 merhatiin,krg bs sosialisasi,suka apresiasi,ga suka diabaikan
Keterminatan anak
based on psikolog skulah tabi=
Realistik suka otak atik
Investigatif kepo..ilmuwan
Sosial..ga pilih2 tmn,suka yg bmanfaat bagi org lain
Artistik..artis seniman
Konvensional..teratur..manajer,org kantoran
Enterprising..suka nawar,ngeyel..public relation
Realistik suka otak atik
Investigatif kepo..ilmuwan
Sosial..ga pilih2 tmn,suka yg bmanfaat bagi org lain
Artistik..artis seniman
Konvensional..teratur..manajer,org kantoran
Enterprising..suka nawar,ngeyel..public relation
Tahapan pgunaan otak
based on psikolog skulah tabi=
0-9th=kreatifitas,bagus n normalnya otak kanan
10-22th akademis serius,otak kiri kanan hrs seimbang
Dewasa cnderung otak kiri
0-9th=kreatifitas,bagus n normalnya otak kanan
10-22th akademis serius,otak kiri kanan hrs seimbang
Dewasa cnderung otak kiri
Ciri anak dominan otak
kiri= sensi,serius,lbh dewasa...inget 0-9th bagusnya otak kanan,moms
Lanjut..based on
psikolog skulah tabi..GAYA BLAJAR anak=
Audio=suaranya keras, ga ngeliatin org yg ngajak ngomong,nek diajak ngomong matanya lirak lirik,bagus didikte,bljar kudu ada suarane /sambil nyetel sesuatu
Visual= nek didikte ktinggalan mlulu,calistung pinter,bljarnya kudu sunyi
Kinestetik= nek manggil org pke sentuhan,stimulasi bacanya dg diajak jalan(baca spanduk,apa ja d jln),klo blum ngrasain lum kapok
Audio=suaranya keras, ga ngeliatin org yg ngajak ngomong,nek diajak ngomong matanya lirak lirik,bagus didikte,bljar kudu ada suarane /sambil nyetel sesuatu
Visual= nek didikte ktinggalan mlulu,calistung pinter,bljarnya kudu sunyi
Kinestetik= nek manggil org pke sentuhan,stimulasi bacanya dg diajak jalan(baca spanduk,apa ja d jln),klo blum ngrasain lum kapok
Sesi Tnya jwb dg
psikolog skulah tabi=
1.aih2 spasial kok rendah bingit buat TK A, normalna gmn? (hoho2 dah kuduga spasial ruangnya lum siap makanya ga q lepas piknik tnp ortu) yo normale rendah. Smua ksiapan bljar normal d usia 5 th...jgn nge judge anak sblm 7 th
2. Klo udh otak kiri gmn?kasih kgiatan kreatif,terapi krayon (nulis g hrs pke pnsil)
1.aih2 spasial kok rendah bingit buat TK A, normalna gmn? (hoho2 dah kuduga spasial ruangnya lum siap makanya ga q lepas piknik tnp ortu) yo normale rendah. Smua ksiapan bljar normal d usia 5 th...jgn nge judge anak sblm 7 th
2. Klo udh otak kiri gmn?kasih kgiatan kreatif,terapi krayon (nulis g hrs pke pnsil)
maksude piye afni. klo umur 5 tahun ki wes kudu iso spasial
ruang? dan batas toleransine 7 taun ngono?
normalnya 5 th udh matang spasialnya nin,perlu di tes
psikotest tuk pastinya. 7 th ..umm menurutku 6 th nin...krn golden age
pkembangan otak berakhir di usia 6 th
otak bayi itu baru sel sel doang, sambungan/tali yg
mhubungke dari 1 sel ke sel yg lain msh dikit. pdhl tuk bpikir sperti org
dewasa, butuh sambungan2 yg ruwet gitu. nah, dg stimulasi plus nutrisi,
sambungan2 itu terbentuk. masa terbentuknya sambungan tuk dasar kemampuan
tertentu itu ga sembarangan nin tapi ada waktu khususnya (windows of
opportunity/ masa peka montessori). waktu khusus qpercaya ditandai dg
ketertarikan anak (coba search windows of opportunity/ masa peka montessori
biar tau batasnya). yg kuinget, sensori/kmampuan mempertajam indera itu off di
usia 2 th, artinya stlh 2 th, stimulasi panca inderas ga bgitu ngefek. tp di
usia 0-2 th, stimulasi panca indera bakal ngefeeeeeek dg pesat.
nek pemahaman ruang jare montessori umur 4-6 th. jare windows of
oportunity schiller malah ada fase kedua, misal tuk bahasa kosakata utama di
0-2 th, fase kedua 2-6 th, ketiga ampe 18 th (cm misal, gw ga inget).
mulanya anak menerima smua sambungan...otak jd ruwet.ni
bisa dilihat dari polah anak2 yg cnderung beda ma org dewasa yg stay cool. otak
anak jg 350% lbh aktif dr otak org dewasa krn haus sambungan. stlh fase ruwet,
ada "kebiasaan", stimulasi yg diminati, ia biasakan lalu sambungan
tuk kmampuan itu ia perkuat dg mielinasi. yg dia ga suka, ga dilanjutin sbg
kbiasaan lalu sambungan hancur dg sendirinya. nah, mielinasi ini udh hampir
sempurna di usia 6 th. jika kita ga bisa inget dulu TK kita ngapain, ya krn sambungan
ke memori itu udh hancur mgkin krn ga berkesan. maka dari itu, kesan n
ketertarikan adlh sgalanya.
org dewasa..otak udh dilapisi mielin kabeh,jadine alot,
angel dikandani, angel dirubah karakternya. klo anak selama blum sempurna
mielinasi ,mari kita benarkan yg salah,kita ajari yg benar....hohoho malah
ceramah...mangan seg yo
mielinasi sempurna usia 18 th..dmana bakat aja udh ga bs
dibentuk stlh 18 th
ada haditsnya juga nin.."setiap apa gitu ada masa
emasnya" aq lali hihihi
masa emas= masa emas mbentuk sambungan yg baik smile
emotikon
Mainan 1-2th tujuan tuk ngenalin bhw bnyk hal mnakjubkan yg bs
ditangkap indera n alat gerak
Kognitifnya ajari konsep "sama beda"
Stimulasi ibaratkan dirimu kyk bayi baru lahir,apa2 yg
biasa mjd luar biasa,shg dirimu bs peka "wah ini jan jadi menarik bagi dik
adzkia" padahal cuma pbedaan kain bludru n katun
Lanjut ntar nin...jadikan hal yg simpel2 kita tangkap dg
pancaindera mjadi lebai..itu kunci tuk bisa ngecipris ke anak 0-2th.
Tabi dulu tak kon raba2 tembok toko roti yg textur batunya
beragam..aq jg raba2 sambil ngecipris.."ini kasar,ini lbh kasar..ini lbh
kasar knp ya.oh le-bih bnyk lubangnya..hmm..mana ya yg plg kasar..;
Eh sblum k kata sifat,gni dulu," wah bagus nih! Ada
lubangnya! Lubangnya macem2" ..biar anak merhatiin dulu..pas sepi,pagi2
hahaha..nek weruh wong,isin..wkwkw
Masih d sesi tnya jwb
dg psikolog skulah tabi= KINESTETIK..knp? Kakehan karbo,gula. Susu bagusna 3
takaran per hari.ojo kakehan nasi,mi gula. Gmn ngurangi?madu d pagi
hari,kurangi gula,pbnyk sayur buat nyerap energi blebih (jare).
Stimulasi spasial
ruang=maen ke ruang2..(dari mall ke mall...ohhh,aq dewe spasiale elek)
Yg mngejutkan =
1. Klo anak plg skulah dtanya "td diajari apa" "ga tau" bukan brarti dia ga merhatiin,tp dia mgkn IQ tinggi..IQ tinggi ga suka ngulang
2. Bete ma anak yg nek dikandani ora ndeloKi sing ngomong?dia audio
3. Bete ma anak ndableg,nek blm jatuh blm kapok? Dia kinestetik
4.to tabi=tnyata org sanguin,pantes nek sinau bnyk dikomplain trus badmood
1. Klo anak plg skulah dtanya "td diajari apa" "ga tau" bukan brarti dia ga merhatiin,tp dia mgkn IQ tinggi..IQ tinggi ga suka ngulang
2. Bete ma anak yg nek dikandani ora ndeloKi sing ngomong?dia audio
3. Bete ma anak ndableg,nek blm jatuh blm kapok? Dia kinestetik
4.to tabi=tnyata org sanguin,pantes nek sinau bnyk dikomplain trus badmood
Tidak ada komentar:
Posting Komentar