1. siapkan gelas aqua. ukur ketinggian dg penggaris,lalu
tandai batas (misal 5 cm dari dasar) dg spidol permanent,biarkan anak melihat
anda mengukur (rangsangan measurement). air taruh baskom,sediakan centong.
biarkan anak memindahkan air dari baskom ke gelas2 aqua nggunain centhong
sampai tanda batas (stimulasi dari berusaha mcapai target). dan jadilah gambar
nomer 2.
3.siapkan pewarna+air =larutan pekat=larutan A. dg mlempar
dadu (masing2 sisi ditulis angka 1,5,10,15,20,25,30 atau terserah tapi jarak
angkanya jgn tlalu dekat) atau kocokan, tentukan gelas pertama hrs dikasih
berapa sendok (sendok teh) larutan A, dst. misal gelas pertama =10 sendok,gelas
kedua=1 sendok,dll.
4. urutkan gelas dari warna yg plg muda
5. siapkan larutan pewarna pekat B dg warna beda. ajak
diskusi anak, kira2 ke dalam gelas2 itu akan ditambah brapa sendok larutan B.
kira2 nanti warnanya berubah ga? kira2 nanti urutannya akan tetap sama apa
tidak. anak memasukkan larutan B ke gelas2 dg sendok teh. slama proses, tanya
anak:warna apa ini? kira2 yg gelas kedua (gelas yg ini) warnanya akan sama
tidak dg ini? knapa?
6.hey,warna di gelas ini pengen ketemu dg warna itu di gelas
itu. yuk kita kasih jembatan tisu biar ketemu. LIHAT...warnanya naik.kira2
nanti akan ketemu dg temennya ga ya? (tadinya cuma dihubungkan setiap 2 gelas
tapi reaksi anak:ketemu rame2 aja..dan jadilah koneksi jembatan tisu sperti no
6.
7. reaksi anak: "lihat! yg itu sudah ketemu! (warna
biru dan oren sudah bertemu di tengah2),kok yg itu belum ketemu-ketemu
ya?"..yuk coba liat kenapa..oh tnyata tisunya krg nyelup. kira2 klo
dicelupin lbh dalam akan cpt ketemu gag ya? (bisa dibuat skenario:sebelumnya
dalam membuat jembatan tisu, ada 1 jembatan yg ujung satunya nggantung hehehe)
8. selesai...dan freetime nyampur2 warna....kotor ga
ketulungan?anak belum mau selese-selese juga? kasih target : ntar klo semua
sudah hitam,selesai ya...
for me: SCIENCE STIMULATION IS ABOUT ASKING WHY AND LETS
GUESS !
STIMULASI SCIENCE ITU TENTANG MENSTIMULASI BERTANYA MENGAPA
DAN MENGAJAK MENGIRA2.,,,Happy teaching :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar